Cara Mengatasi Alergi Terampuh

Reaksi alergi lazim terjadi pada kulit dan sebagian besar daru reaksi ini adalah respons terhadap bahan pengiritasi dan tidak bersifat serius. Gejalanya meliputi bintik-bintik dan benjolan berwarna merah, kulit mengelupas, melepuh dan gatal pada kulit.

Apabila gejala ini Anda alami secara kronis, kemungkinan besar penyebabnya dalah eksem atau dermatitis atopik. Untungnya, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan melakukan beberapa cara rumahan untuk mengatasi alergi dan meredakan gejala alergi. Apa saja caranya? Yuk simak ulasan berikut!

  • Jangan Menggaruk Ruam Pada Kulit

Meskipun kulit Anda terasa gatal, menggaruk hanya akan semakin memperparah iritasinya dan meperlambat penyembuhan dan bahkan memperluas reaksi alergi.

Apabila Anda sangat ingin menggaruk kulit, cobalah dengan menggunakan sarung tangan, atau juga Anda bisa memotong kuku jari tangan.

  • Kenakan Pakaian Longgar

Pakaian ketak bisa bergesekan dengan ruam pada kulit dan memperparah keadaan iritasi. Gunakan pakaian longgar atau jika memungkinkan gunakan pakian yang tidak menutupi kulit yang sedang terkena alergi.

Kelembapan dan suhu panas terkadang bisa mengiritasi ruam kulit, jadi pastikan untuk mengenakan pakaian ringan dan terbuat dari bahan yang bisa mengering dengan cepat seperti katun.

  • Jauhi Aktivitas yang Bisa Mengiritasi Kulit

Selama ruam, aktivitas yang menyebabkan kontak dengan kulit dan keluarnya keringat sebaiknya dihindari. Sebagian besar olahraga kontak seperti sepak bola, rugby dan hoki semuanya harus dihindari karena Anda akan sulit menghindari sentuhan dan semakin parahnya iritasi pada kulit. Olahraga seperti aerobik, lari dan angkat beban boleh dilakukan, namun berkeringan mungkin akan memperparah ruam kulit.

  • Cobalah Perawatan Alami

Bagi sebagian orang, losion dan krim obat bebas justru memperparah kondisi alergi, jika itu terjadi Anda bisa mencoba pengobatan alami, diantaranya:

Bisa menggunakan lempung yang akan memberikan sensasi dingin dan bisa mengurangi rasa gatal. Cuka apel bersifat antijamur dan antibakteri yang bisa meredakan gatal. Daun basil yang mengandung senyawa antigatal yang disebut kamfor dan timol.

Meskipun banyak alergi kulit yang tidak bersifat serius dan bisa sembuh dengan sendirinya, jika Anda mengalami demam, menggigil, penglihatan buram, batuk atau bersin dan gejala lainnya, sebaiknya segera melakukan pengobatan dan mencari pertolongan medis.

Tinggalkan komentar