Diagnosis Penyakit Multiple Myeloma

Diagnosis Penyakit Multiple Myeloma

Anda Tahu Mengenai Penyakit Multiple Myeloma? Ingin Terhindar Dari Penyakit Tersebut? Yuk Lakukan Diagnosis Penyakit Mutliple Myeloma Dengan Tepat Dan Efektif!


Sekilas Mengenai | Penyakit Multiple Myeloma

Multiple myeloma adalah jenis kanker yang menyerang sel plasma, yaitu jenis sel darah putih pada sumsum tulang. Sel plasma berfungsi memproduksi antibodi untuk mengatasi infeksi dalam tubuh, namun pada penderita multiple myeloma, sel plasma justru memproduksi protein yang tidak normal secara berlebihan yang pada akhirnya bisa merusak berbagai organ tubuh seperti ginjal dan tulang.

Multiple myeloma yaitu kanker darah nomor 2 yang paling umum terjadi, meskipun dianggap tidak bisa disembuhkan, kondisi ini bisa diobati dengan adanya kemajuan dalam penelitian kanker saat ini. Multiple myeloma bisa diatasi dengan mengurangi berbagai faktor risiko.

Gejala Multiple Myeloma

Gejala multiple myeloma pada setiap penderita akan berbeda. Pada tahap awal penyakit, gejala tidak akan dirasakan, namun saat multiple myeloma sudah berkembang, gejala yang dapat dirasakan penderita dapat berupa:

Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan

  • Nyeri pada tulang
  • Tulang menjadi lebih mudah patah
  • Mudah terserang infeksi
  • Sering merasa haus
  • Gangguan mental seperti kebingungan
  • Mudah berdarah
  • Timbul lebam-lebam
  • Kelelahan dan pucat
  • Mati rasa pada kaki

Penyebab Multiple Myeloma

Seperti halnya jenis kanker lain, multiple myeloma juga belum diketahui secara pasti apa penyebabnya. Pertumbuhan sel plasma abnormal bisa berlipat ganda dengan cepat melebihi pertumuhan sel normal, kemudian akan menghasilkan antibodi yang merugikan tubuh.

Ada multiple myeloma dalam bentuk jinak, yaitu MGUS (monoclonal gammopathy of undetermined significance). Sebagian besar kasus multiple myeloma terjadi berawal dari MGUS. Dari seratus penderita MGUS, satu diantaranya berkembang menjadi multiple myeloma setiap tahunnya.

Diagnosis Penyakit Mutliple Myeloma Dengan Tepat Dan Efektif!

Mendeteksi penyakit multiple myeloma tidak mudah, karena tidak semua kasusnya menimbulkan gejala tertentu. Untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar mengalami multiple myeloma, dokter akan melakukan beberapa tes berdasarkan gejala dan faktor risiko terkait. Tes yang dilakukan bertujuan untuk mendiagnosis multiple myeloma dan mengetahui stdaiumnya.

  • Tes Darah

Tes darah yang dilakukan seperti pemeriksaan hitung darah lengkap, fungsi ginjal, kadar kalsium, LDH (lactate dehydrogenase), albumin dan globulin. Hal yang ditemukan yaitu penurunan kadar Hb (anemia) dan albumin, penurunan jumlah trombosit (trombositopenia) dan peningkatan kadar kalsium dan globulin.

Selain itu, untuk mendeteksi protein abnormal dalam darah bisa dilakukan pemeriksaan yang dinamakan dengan serum protein electrophoresis (SPEP), imunofiksasi, free light chain (FLC) assay serta beta-2 microglobulin.

  • Pemeriksaan Urine

Sama dengan darah, sampel urin juga bisa diperiksa guna mengetahui keberadaan protein abnormal. Pemeriksaan yang dilakukan yaitu urine protein electrophoresis, imunofiksasi dan free light chain (FLC) assay.

  • Pemeriksaan Aspirasi Sumsum Tulang

Sampel darah dan jaringan dari aspirasi sumsum tulang yang diambil dari tulang panggul dekat daerah bokong, dilakukan untuk melihat gambaran pertumbuhan dari sel plasma. Prosedur ini dilakukan dengan menggunakan jarum yang lebh besar dan panjang, namun tetap akan dilakukan bius lokal.

  • Pemindaian

Pemindaian seperti foto rontgen, MRI, CT scan atau PET scan. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi kelainan pada tulang yang berkaitan dengan multiple myeloma. Pemindaian dilakukan pada bagian kepala, tulang belakang, lengan, panggul dan tungkai untuk mengetahui adanya kerusakan pada bagian tersebut.


Itulah beberapa Diagnosis Penyakit Mutliple Myeloma Dengan Tepat Dan Efektif! yang dapat Anda lakukan. Setelah Anda divonis mengidap penyakit multiple myeloma sebaiknya segera melakukan pengobatan dengan benar.

Kami rekomendasian dengan Obat Tradisional Multiple Myeloma dari Walatra Zedoril 7 yang telah tebrukti ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit kanker salah satunya penyakit multiple myeloma. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai Obat multiple myeloma secara alami yang memiliki pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja. Anda bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Multiple Myeloma.

Tinggalkan komentar

error: Cari Halaman Lain Aja Ya!!