Gejala Khas Penyakit Ginjal

Gejala Khas Penyakit Ginjal

Ginjal adalah organ penting yang berfungsi menyaring darah dan membuang kelebihan air dan limbah dari darah untuk kemudian dikeluarkan sebagai urine.

Ginjal adalah sepasang organ yang berukuran sekepalan tangan orang dewasa dan terletak di bagian bawah tulang rusuk di rongga belakang tubuh. Ginjal memiliki peranan yang penting bagi tubuh manusia, terutama untuk menyaring pembuangan zat limbah dan racun dari darah.

Penyakit ginjal terjadi saat ginjal mengalami kerusakan sehingga tidak bisa menyaring darah seperti semestinya. Kerusakan ini bisa menyebabkan limbah racun menumpuk dalam tubuh.

Awalnya fungsi ginjal akan perlahan menurun, hingga lambat laun akan berdampak besar bagi aktivitas sehari-hari Anda. Pada jangka panjang, penyakit ginjal bisa menyebabkan masalah lain yang membahayakan kesehatan tubuh. Ketidakmampuan ginjal untuk membuang racun bisa menyebabkan irama jantung jadi tidak normal dan bahkan menyebabkan kematian mendadak.

Banyak orang yang mengabaikan gejala sakit ginjal karena menganggapnya sebagai hal yang sepele. Padahal seperti yang sudah kita sebutkan diatas bahwa ginjal adalah organ terpenting dalam tubuh manusia. Nah berikut ini beberapa ciri dan gejala khas penyakit ginjal yang paling umum terjadi yang harus Anda perhatikan:

1. Warna Urin Berubah

Gejala sakit ginjal yang biasanya muncul dan dirasakan paling awal adalah perubahan warna urine menjadi lebih keruh dari biasanya. Kebiasaan buang air kecil Anda juga berubah, entah jadi lebih sering atau lebih jarang tipis.

Anda biasanya jadi lebih sering buang air kecil di malam hari. Anda juga mungkin akan merasa nyeri saat buang air kecil. Apabila Anda menderia penyakit gagal ginjal akut, ada kemungkinan air kecing keluar dengan bercak darah. Dalam beberapa kasus, kencing berbusa juga bisa jadi gejala sakit ginjal.

2. Beberapa bagian tubuh akan membengkak

Ginjal yang sudah rusak dan tidak bisa lagi menyaring limbah kotoran sebaik dulu sehingga ada banyak protein yang terbuang ke dalam urin. Kurangnya protein dalam darah bisa mengakibatkan tungkai tangan dan kaki membengkak. Orang yang menderita penyakit ginjal juga kemungkinan akan mengalami pembengkakan pada wajah dan kedua mata.

3. Gatal-gatal

Terganggunya kerja ginjal membuat kotoran sisa metabolisme menumpuk. Penyakit ginjal bisa menimbulkan rasa gatal, ruam kemerahan, dan kulit kering. Apabila gatal tersebut terus digaruk bisa timbul luka atau pendarahan ringan.

Sayangnya, rasa gatal karena sakit ginjal seringkali diabaikan begitu saja. Meski krim kulit dan salep bisa membantu mengurangi gejala skait ginjal yang timbul pada kulit, namun hal ini tidak menyembuhkan masalah pada ginjal Anda.

4. Badan gampang capek

Ginjal sehat akan terus memproduksi hormon eritropoietin secara teratur untuk meningkatkan produksi sel darah merah baru. Saat ginjal mengalami kerusakan, produksi hormon eritropoetin menjadi menurun. Akibatnya, produksi sel darah merah yang membawa oksigen pun menurun. Ini akan menyebabkan tubuh menjadi mudah capek.

5. Selalu mual dan ingin muntah

Sakit ginjal yang sudah akut atau jika sudah sampai tahap gagal ginjal sering disebut juga sebagai silent killer. Disebut demikian, karena gejalanya yang sulit dideteksi seperti mual dan muntah. Ada banyak sekali penyakit ringan yang memiliki gejala mual dan muntah seperti sakit maag.

Dalam kasus penyakit ginjal, gejala mual dan muntah muncul karena tumpukan limbah dan kotoran dalam darah tidak berhasil dikeluarkan. Hal ini bisa menyebabkan terganggunnya pusat refleks muntah di otak dan sistem pencernaan.

6. Sakit pinggang

Bagi Anda yang suka merasakan sakit pada bagian pinggang, baik kanan atau kiri, sebiaknya Anda harus lebih waspada. Gejala sakit ini bisa disebabkan oleh batu ginjal. Gejala dari adanya batu ginjal tidak terlalu kelihatan jelas, namun kemungkinan besar akan menimbulkan nyeri pada pinggang akibat terjepitnya batu ginjal dalam ureter.

Jika Anda saat ini merasakan beberapa gejala penyakit ginjal yang kami sebutkan diatas, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan dengan benar. Dan jika memang ternyata Anda mengidap penyakit ginjal, sebaiknya segera lakukan pengobatan.

Disamping melakukan apa yang dokter sarankan, Anda juga bisa mengonsumsi obat herbal yang baik untuk kesehatan ginjal. Salah satu obat herbal terbaik untuk penyakit ginjal adalah JELLY GAMAT GOLD-G.

Jelly Gamat Gold-G adalah produk herbal terbaik yang terbuat dari bahan alami berkhasiat tanpa mengandung sedikitpun bahan kimia, sehingga aman untuk dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping dan tidak ketergantungan.

Jelly Gamat Gold-G sudah teruji klinis dan telah mendapatkan legalitas resmi dari BPOM (POM TR 174656711) serta sertifikat HALAL dari Malaysia : JAKIM (22.00)/492/2/1 010-10/2004, dengan begitu Jelly Gamat Gold-G ini sangat aman untuk dikonsumsi dan dapat dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari balita hingga lansia, bahkan ibu hamil dan ibu menyusui pun dapat mengonsumsinya. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda Ingin Mencoba produk Jelly Gamat Gold-G? Silahkan Hubungi Kami selaku Agen Resmi Jelly Gamat Gold-G yang sudah terpercaya.

PRODUK TERBARU, DENGAN RISET TERBARU KUALITAS TERJAMIN. Salam Sehat!!

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Gejala Khas Penyakit Ginjal Yang Paling Umum
Hotline : 0821-3087-4141 (Tlp/SMS/WhatsApp)

Tinggalkan komentar