Langkah Pencegahan Dan Pengobatan Abses Otak

Langkah Pencegahan Dan Pengobatan Abses Otak

Anda Saat Ini Sedang Menderita Penyakit Abses Otak? Ingin Segera Sembuh? Jika Iya Ikuti Langkah Pencegahan Dan Pengobatan Abses Otak Efektif


Sekilas Mengenai | Penyakit Abses Otak

Abses otak merupakan innfeksi bakteri yang mengakibatkan penimbunan nanah dalam otak dan pembengkakan pada organ tersebut. Keadaan ini terjadi sesudah bakteri atau jamur masuk ke jaringan otak akibat cedera kepala atau infeksi pada jaringan lain.

Sistem imun, otak dan lapisan jaringan disekitarnya membantu melindungi orak dari infeksi. Kendati demikian, beberapa bakteri dan organisme lainnya dapat melewati lapisan pelindung ini dan menyebabkan infeksi. Ketika otak berespon pada gangguan ini dengan membuat ruang kecil yang berisi nanah, inilah yang disebut dengan abses.

Abses otak jarang terjadi, namun lebih banyak ditemukan pada orang dengan usia 30-45 tahun. Risiko terjaddinya abses otak akan semakin tinggi jika terjadi trauma kepala, penyalahgunaan obat, diabetes, kanker, AIDS, penyakit berat, infeksi wajah, telinga, hidung dan mata.

Penyebab Abses Otak

Infeksi jamur atau bakteri yang masuk ke dalam otak adalah penyebab utama terjadinya abses otak. Pada umumnya, tubuh sudah dilengkapi dengan sistem imun yang berfungsi untuk menjaga organ penting. Namun dalam beberapa kasus, kuman bisa msuk melalu pmebuluh darah dan menyerang otak. Ada beberapa penyakit lainnya yang bisa menyebabkan terjadinya abses otak, yaitu:

  • Penyakit jantung sianotik. Salah satu jenis penyakit jantung bawaan yang dapat menyebabkan jantung tidak mampu mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh dan memicu terjadinya infeksi
  • Pulmonary arteriovenus fistula. Kelainan yang terjadi pada pembuluh darah paru, menyebabkan bakteri masuk ke dalam darah dan mengalir menuju otak
  • Infeksi. Kondisi ini meliputi infeksi paru (pneumonia), infeksi jantung (endokarditis), infeksi rongga perut (peritonitis), infeksi panggung (cystitis) dan infeksi kulit

Gejala Abses Otak

Gejala dari abses otak akan dirasakan dalam hitungan minggu setelah infeksi, atau terkadang secara langsung. Inilah beberapa gejala dari abses otak:

  • Pusing hebat
  • Mual dan muntah
  • Demam tinggi (diatas 38 C)
  • Perubahan perilaku, seperti gelisah atau linglung
  • Kejang-kejang
  • Penurunan kemampuan menggerakan otot, merasakan sensasi atau berbicara
  • Leher terasa kaku
  • Gangguan penglihatan, misalnya penglihatan ganda, kabur atau buram

Langkah Pencegahan Dan Pengobatan Abses Otak Efektif

Abses Otak merupakan kondisi darurat yang perlu ditangani dengan segera. Pengobatan umumnya dilakukan di rumah sakit dengan pemberian antibiotik atau antijamur hingga pasien memasuki tahap stabil. Obat golongan diuretik juga kadang diperlukan. Namun, Apabila kondisi pasien memburuk, dokter akan menyarankan tindakan operasi.

Inilah kriteria abses otak yang diatasi dengan obat-obatan:

  • Abses berukuran lebih kecil dari 2 cm
  • Abses berada di beberapa titik
  • Abses terletak dibagian otak paling dalam
  • Terjadi hidrosefalus
  • Pasien mengalami meningitis
  • Toksoplasmosis pada penderita HIV/AIDS

Jika Abses berukuran diatas 2 cm, maka risiko pecah dalam otak semakin tinggi, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengangkatnya melalui tindakan operasi. Ada 2 jenis tindakan yang biasa digunakan, yaitu simple aspiration dan craniotomy.

Simple aspiration dilakukan dengan mengebor lubang kecil pada tengkorak agar nanah dapat dikeluarkan. Tindakan ini biasanya dilakukan dengan bantuan alat CT scan untuk memastikan titik abses. Operasi ini cenderung memerlukan waktu yang singkat, sekitar 1 jam.

Craniotomy dilakukan jika tindakan simple aspiration tidak membantu. dalam prosedur ini, dokter akan memotong sebagian kecil rambut di kulit kepala dan mengangkat sebagian tulang tengkorak (flap) untuk membuka akses ke otak. Abses akan diangkat sepenuhnya setelah nanah dibersihkan dan flap tulang akan dikembalika ke posisi semula saat tindakan selesai. Operasi ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 3 jam.

Komplikasi setelah operasi craniotomi walah jarang terjadi seperti: memar di wajah, pusing selama berbulan-bulan, pembekuan darah di otak, rahang terasa kaku, merasakan pergeseran flap tulang.

Pencegahan Abses Otak

Mengingat abses otak seringkali dipicu oleh penyakit tertentu, disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin agar kondisi dapat dicegah sejak awal. Untuk yang menderita kelainan jantung, dokter biasanya akan memberikan serangkaian antibiotik sebelum melakukan perawatan gigi atau tindakan lainnya untuk mencegah risiko infeksi menyerbar ke otak.

Itulah beberapa Langkah pencegahan dan pengobatan abses otak efektif. Dan kami juga merekomendarasikan obat herbal alami untuk Abses Otak Guna guna mengoptimalkan proses pengobatan yang akan dilakukan secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan Obat Tradisional Abses Otak dari Walatra Brain Nutrition yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah gangguan otak salah satunya penyakit Abses Otak. Apabila Anda ingin tau lebih lanjut tentang obat Abses Otak secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Abses Otak.

Tinggalkan komentar

error: Cari Halaman Lain Aja Ya!!