Makanan Untuk Kesehatan Paru-Paru

Tinggal di lingkungan yang tinggi akan polusi udara atau hidup sebagai perokok sudah bisa dipastikan akan menyiksa paru-paru. Jika tidak dijaga dengan baik suatu saat paru-paru bisa mengalami masalah kesehatan.

Seiring meningkatnya polusi udara, kualitas udara pun akan semakin menurun dan bisa memengaruhi kesehatan paru-paru. Kerap di anggap sepele, ternyata endapan polusi tersebut bisa memicu beragam penyakit jika tidak segera diatasi, mulai dari radang paru-paru, emboli paru hingga kanker paru.

Berikut ini beberapa makanan yang dipercaya dapat membersihkan paru-paru dari zat yag berbahaya akibat polusi udara. Apa saja makanan tersebut? Yuk ulasan dibawah ini!

Wortel

Makanan untuk kesehatan paru-paru yang pertama adalah wortel. Tak hanya baik untuk kesehatan mata, wortel juga baik untuk kesehatan paru, hal ini karena wortel mengandung zat karotenoid yang sangat ampuh dalam membersihkan paru-paru, meringankan asma dan mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Buah Berry

Kelompok buah berry seperti strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry adalah makanan super yang baik untuk kesehatan paru-paru. Mengandung antioksidan, flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang cukup tinggi. Mengonsumsi aneka buah berry secara rutin diketahui bisa mengeluarkan zat karsinogen dari paru-paru, mencegah kanker dan juga meringankan infeksi paru-paru.

Buah Delima

Makanan yang baik untuk paru-paru yang selanjutnya yaitu buah delima. Menyantap buah delima setiap hari bisa melindungi paru-paru dari tumbuhnya sel-sel kanker, membuang racun dan memaksimalkan suplai darah ke dalam paru-paru. Buah delima juga mengandung flavonoid dan antioksidan, zat yang bisa membantu memaksimalkan kinerja paru-paru.

Apel

Apel dikemas dengan kandungan flavonoid, antioksidan dan vitamin yang melimpah. Ketiga zat tersebut berguna untuk menjaga kesehatan paru-paru dan juga melindunginya dari beragam penyakit seperti radang, asma, emboli dan dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung sebuah zat yang bernama allicin, zat ini berfungsi untuk mencegah asma, membantu melawan infeksi dan mengurangi peradangan pada paru-paru. Tak hanya itu, bawah putih juga bersifat antioksidan, sehingga mampu untuk menghancurkan radikal bebas yang menempel pada paru-paru.

Itulah beberapa makanan yang baik untuk kesehatan paru-paru. Selain mengonsumsi beberapa makanan diatas, Anda juga harus secara rutin memeriksakan diri ke dokter.

Artikel Terkait :

    makanan untuk penyakit paru

Tinggalkan komentar