Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuh

Kunyit adalah rempah-rempah yang biasa digunakan untuk meningkatkan rasa makanan, sebagai obat alami dan sebagai pewarna.

Obat-obatan Cina dan Ayurvedis menggunakan kunyit untuk membantu dengan peradangan infeksi di luar dan di dalam tubuh. Berikut ini beberapa manfaat yang diberikan kunyit untuk kesehatan tubuh.

  • Kunyit Untuk Menghambat Kanker

Dokter di UCLA baru-baru ini menemukan bahwa kurkumin, dibagian kepala dari kunyit, tampaknya menghalangi enzim yang mendorong perkembangan kanker di leher dan kepala.

Dalam studi di UCLA, 21 individu dengan kanker leher dan kepala mengunyah dua pil yang mengandung 1.000 miligram kurkumin. Laboratorium independen menilai hasilnya dan menemukan bahwa enzim yang mengembangkan kanker pada mulut pasien rupanya benar-benar dihalangi oleh kurkumin.

  • Kunyit Sebagai Anti-peradangan

Tubuhmu bisa mengalami situasi dimana kerusakan jaringan dan peradangan aktif terjadi pada saat yang sama. Hal ini menyebabkan tubuhmu untuk mencoba memperbaiki keduanya pada waktu yang sama.

Potensi pemicu peradangan jangka panjang adalah paparan agen berbahaya, infeksi persisten, dan masalah auto-imun yang berkepanjangan. Manfaat kunyit bisa membantu tubuh untuk pulih dari semua ini dalam waktu yang lebih dan bisa membantu meringankan beberapa rasa sakit yang terkena peradangan.

  • Sebagai Antioksidan Yang Kuat

Pusat Medis Universitas Maryland menyatakan bahwa kualitas antioksidan dari kunyit bisa membantu dalam memerangi radikal bebas yang menyebabkan kanker. Hal ini akan mengurangi atau menghentikan beberapa kerugian yang mereka sebabkan. Studi awal menunjukan bahwa kurkumin bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker termasuk kanker kulit, prostat dan usus besar.

Efek Samping Penggunaan Kunyit

Efek samping biasanya tidak disebabkan ketika kunyit digunakan sebagai obat yang dianjurkan. Ada kemungkinan seseorang bisa mengalami iritasi lambung dengan penggunaan yang berkepanjangan. Akibatnya, mungkin akan mengalami mual, gangguan pencernaan, buang gas, atau rasa tidak nyaman pada perut.

Efek Samping Yang Lebih Parah

Ada efek samping yang lebih parah saat mengonsumsi kunyit dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Mengonsumsi lebih dari tiga gram dari ramuan bisa meningkatkan resiko untuk mengembangkan maag perut yang sangat menyakitkan.

Tinggalkan komentar