Pantangan Makanan Endometriosis

Pantangan Makanan Endometriosis

Anda Saat Ini Sedang Mengalami Endometriosis? Ingin Segera Sembuh? Ketahui Pantangan Makanan Penderita Endometriosis Yang Harus Dihindari


Sekilas Mengenai | Penyakit Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita dimana jaringan dari lapisan dalam dinding rahim atau endometrium tumbuh di luar rongga rahim. Endometriosis terkait dengan estrogen karena perkembangan yang ditimbulkan akan hilang seiring datangnya menopause.

Apabila seorang wanita menderita endometriosis, jaringan endometrum mengalami penebalan dan luruh yang sama dengan siklus menstruasi. Namun, darah tersebut akhirnya mengendap dan tidak bis akeluar karena terletak di luar rahim. Endapan ini akan mengiritasi jaringan di sekitarnya, dan seiring waktu akan terbentuk jaringan parut.

Gejala Endometriosis

Endometriosis umumnya tidak tergolong mematikan. Namun kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang sangat menggangu kehidupan sehari-hari dari penderitanya. Gejala dari endometriosis dapat berupa:

  • Sakit perut bagian bawah dan sekitar panggul
  • Nyeri saat berhubungan seksual atau setelahnya
  • Rasa sakit saat buang air kecil dan besat
  • Perut terasa kembung
  • Terdapat darah pada fese atau urine
  • Darah menstruasi yang berlebihan
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi
  • Mual selama periode menstruasi

Penyebab Endometriosis

Penyebab tumbuhan endometrium yang abnormal belum diketahui secara pasti, namun para ahli memercayai bahwa ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko endometriosis, antara lain:

  • Faktor keturunan
  • Belum pernah melahirkan
  • Mengalami keabnormalan pada rahim
  • Menstruasi pada usia lebih muda dari batas normal
  • Siklus menstruasi yang singkat seperti kurang dari 27 hari
  • Mengalami menopause pada usia yang lebih tua dari batas normal

Pantangan Makanan Penderita Endometriosis Yang Harus Dihindari


Penyakit endometriosis biasanya bisa disembuhkan dengan terapi dan penerapan gaya hidup sehat. Salah satu cara menerapkan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan dan menjauhi pantangan makanan untuk penderita endometriosis. Berikut ini beberapa Pantangan Makanan Penderita Endometriosis Yang Harus Dihindari

1. Junk Food

Junk food atau biasa disebut dengan makanan cepat saji termasuk dalam daftar pantangan makanan penderita endometriosis. Meskipun junk foos banyak digemari, namun Anda harus berusaha menjauhi makanan tersebut selama Anda masih dalam proses penyembuhan, bahkan walaupun saat ini Anda dalam keadaan sehat, sebaiknya batasi konsumsi junk food. Makanan cepat saji mengandung tinggi gula dan kolesterol, yang mana bisa memicu beragam penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan stroke.

2. Daging Merah

Daging merah adalah salah satu sumber protein terbaik. Umumnya daging merah diperoleh dari daging sapi atau daging kambing. Penderita endometriosis sebaiknya menghindari konsumsi daging merah, karena kandungan kolesterol yang terdapat didalamnya sangat tinggi dapat memperparah perkembangan sel-sel abnormal.

3. Makanan Gorengan

Pantangan Makanan Penderita Endometriosis Yang Harus Dihindari yang berikutnya yaitu gorengan. Minyak yang digunakan untuk menggoreng biasanya mengandung lemak jenush yang manan dapat memicu kolesterol tinggi. Makanan ini dapat membantu perkembangan sel abnormal lebih cepat. Untuk itu bagi Anda penderita endometriosis hindari makanan gorengan, sebaiknya konsumsi makanan yang dikukus atau di rerbus, karena itu lebh sehat dan dapat mengoptimalkan proses penyembuhan.

4. Makanan Kemasan

Mie instab, snack, minuman sachet, minuman kaleng dan makanan kemasan lainnya sebaiknya hindari bagi penderita endometriosis. Makanan kemasan biasanya mengandung bahan kimia berbahaya untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jangka panjang. Sebut saja MSG (Monosodium Glutamat), penyedap rasa buatan bersifat karsinogenik yang dapat memperlambat kecerdasan otak.

5. Minuman Bersoda

Minuman bersoda masuk dalam daftar Pantangan Makanan Penderita Endometriosis Yang Harus Dihindari. Minuman bersoda mengandung beragam zat aditif, seperti perasa buatan, pemanis buatan, pewarna buatan dan zat pengawet. Yang mana zat-zat tersebut bersifat karsinogenik. Jika terakumulasi dalam tubuh maka lama-kelamaan bisa memicu kista, dan penyakit kanker.

6. Makanan Laut (Seafood)

Seafood merupakan salah satu makanan yang mengandung segudang nutrisi. Namun beberapa jenis seafood harus dihindari jika saat ini Anda menderita endometriosis diantaranya kepiting, cumi, atau udang. Makanan ini mengandung kolesterol yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi berlebihan bisa memic perkembangan sel-sel abnormal lebih cepat dan menghambat proses penyembuhan kista.


Itulah beberapa Pantangan Makanan Penderita Endometriosis Yang Harus Dihindari. Dan kami juga merekomendarasikan obat herbal alami untuk endometriosis guna mengoptimalkan proses pengobatan yang akan dilakukan secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Kami rekomendasian dengan Obat Tradisional Endometriosis dari Walatra Bersih Wanita yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit kewanitaan salah satunya penyakit endometriosis. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut mengenai Obat endometriosis secara alami yang memiliki pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja. Anda bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Endometriosis.


Tinggalkan komentar

error: Cari Halaman Lain Aja Ya!!