Penyebab Trikomoniasis Dan Cara Mencegahnya

Penyebab Trikomoniasis Dan Cara Mencegahnya

Anda Tahu Mengenai Penyakit Trikomoniasis? Ingin Terhindari Dari Penyakit Tersebut? Ketahui Penyebab Trikomoniasis Dan Cara Mencegah Penularannya Sejak Awal


Sekilas Mengenai | Penyakit Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis (TV). Kondisi ini dapat menyerang pria dan wanita, namun wanita muda yang aktif secara seksual lebih mudah tertular dan penyakit ini menular melalui hubungan intim. Infeksi ini tidak fatal, namun dapat memicu komplikasi seperti ketidaksuburan, infeksi jaringan kulit vagina (selulitis) pada wanita.

Gejala Trikomoniasis

Apabila terjadi pada wanita, trikomoniasis berdampak pada bagina dan saluran pembuangan urine atau uretra. Sementara pada pria, trikomoniasis menyerang uretra, area penis (seperti kulup) dan kelenjar prostat. Gejala pada wanita berupa:

  • Bagian perut bawah terasa sakit
  • Keputihan menjadi kental, encer, berbusa atau berwarna kehijauan dan berbau amis
  • Timbul rasa nyeri, bengkak pada area kewanitaan
  • Nyeri saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual

Ketahui Penyebab Trikomoniasis Dan Cara Mencegah Penularannya Sejak Awal

Pada dasarnya, infeksi trikomoniasis tidak terlalu berbahaya, namun jika dibiarkan dan tidak diatasi dengan baik, pada wanita penyakit ini akan menimbulkan infeksi pada jaringan kulit vagina, hingga menjadi penyebab kemandulan. Sementara itu, jika trikomoniasis terjadi pada ibu hamil, maka akan menyebabkan bayi yang dikandungnya mengalami kurang berat badan, infeksi pada bayi, hingga kelahiran prematur.

Oleh sebab itu, trikomoniasis harus dicegah penularannya. Pencegahan trikomoniasis akan lebih mudah jika kita memahami apa saja penyebab seseorang terkena penyakit trikomoniasis ini. Berikut ini beberapa penyebab penyakit trikomoniasis:

  • Hubungan Seks Tanpa Pengaman

Anda akan sangat rentan terkena penyakit ini jika Anda berhubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi penyakit ini. Resiko tertular akan semakin meningkat apabila Anda melakukan hubungan sek tanpa kondom karena parasit akan dengan mudah menginfeksi Anda tanpa penghalang apapun.

  • Berganti-ganti Pasangan Seksual

Penyebab trikomoniasis yang berikutnya yaitu berganti-ganti pasangan seksual. Semakin Anda sering berganti-ganti pasangan seksual, maka semakin mudah pula Anda tertular trikomoniasis. Seks bebas adalah cara penularan trikomoniasis yang paling umum. Anda tidak akan tahu pasangan Anda yang mana yang terinfeksi penyakit ini, maka penularan penyakit ini pun akan sangat sulit dikendalikan.

  • Pernah Mengalami Trikomoniasis Sebelumnya

Trikomoniasis adalah penyakit yang disebabkan oleh protozoa yang memiliki motilitas. Protozoa ini dapat aktif bergerak atas stimulus mencari makan. Usaha untuk membuat seseorang yang terinfeksi bersih dari trikomoniasis harus dilakukan dengan seksama dan menyeluruh untuk memastikan tidak ada protozoa yang luptu dan tersisa.

Upaya Pencegahan Penularan Trikomoniasis

Dari beberapa penyebab yang telah kami sebutkan diatas, maka kita akan membahas cara mencegah penularan trikomoniasis. Pencegahan tentu dilakukan dengan menghindari penyebab atau paling tidak meminimalisir kita terpapar penyebab tersebut. Berikut langkah pencegahan penularan trikomoniasis:

  • Setia Pada Satu Pasangan Seksual

Cara ini akan dapat meminimalisir Anda tertular penyakit menular seksual, termasuk penyakit trikomoniasis. Selain itu, dengan setia pada satu pasangan juga akan mempermudah Anda dan pasangan melakukan pengobatan jika terjadi penyakit yang berhubungan dengan alat kelamin.

  • Tunda Hubungan Seksual Selama Terinfeksi

Apabila Anda atau pasangan merasa terinfeksi penyakit trikomoniasis, sebaiknya tundalah untuk sementara aktivitas seksual hingga Anda dan pasangan dinyatakan bersih dari penyakit menular seksual. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan dan tumbuhnya penyakit menjadi lebih berbahaya.

  • Tidak Berbagi Handuk atau alat mandi lainnya

Meski tidak banyak kasus trikomoniasis yang ditularkan melalui handuk, tidak ada salahnya jika Anda melakukan pencegahan dengan tidak saling meminjam handuk dengan orang lain.

Setelah Anda mengetahui apa saja penyebab trikomoniasis dan cara mencegahnya, Anda juga perlu melakukan pengobatan sejak dini atau tetap menjaga tubuh Anda agar tetap sehat dengan cara mengonsumsi suplemen herbal yang memang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga baik dalam mengatasi berbagai masalah gangguan pada alat kelamin wanita.

Tinggalkan komentar

error: Cari Halaman Lain Aja Ya!!