Tips Alami Obati Kapalan

Tips Alami Obati Kapalan

Anda Saat Ini Sedang Menderita Penyakit Kapalan? Ingin Segera Sembuh? Jika Iya Ikuti Tips Alami Obati Kapalan Ala Rumahan!


Sekilas Mengenai | Penyakit Kapalan

Kapalan merupakan penebalan dan pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan. Kapalan terbentuk sebagai reaksi tubuh untuk melindungi bagian kulit yang sensitif. Kapalan biasanya muncul pada kaki, tumit, tangan atau jari yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan nyeri saat berjalan. Karena kulit yang terkena menjadi lebih tebal, sehingga bagian kulit tersebut menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan.

Gejala Kapalan

Ciri-ciri kulit Anda terkena kapalan diantaranya yaitu:

  • Ada sebagian kulit yang terasa kasar dan menebal
  • Rasa nyeri dibawah kulit
  • Terdapat benjolan mengeras pada kulit
  • Kulit berubah menjadi kering, lunak atau terbelah

Kapalan memiliki ukuran dan berbentuk yang bervariasi, dan tidak menimbulkan rasa sakit. Untuk orang yang menderita diabetes atau peredaran darah yang buruk, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mengobati kapalan sendiri.

Penyebab Kapalan

Kapalan dapat muncul saat berat badan menekan secara berlebihan salah stau area kaki. Kulit di area kaki yang kelebihan tekanan akan menebal untuk melindungi jaringan dibawahnya. Reaksi alami inilah yang menyebabkan terjadinya kapalan. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang umum terjadi seperti:

  • Terlalu sering memainkan alat musik atau menggunakan peralatan tangan
  • Menggunakan sepatu yang tidak nyaman
  • Tidak menggunakan kaus kaki

Ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko terbentuknya kapalan, seperti:

  • Tidak menggunakan sarung tangan
  • Hammertoe. Perubahan jari kaki, sendi jari kaki membengkok ke bawah seperti cakar
  • Bunion. Benjolan pada sendi pangkal jempol kaki yang terbentuk dari tulang
  • Kelainan kaki lainnya seperti taji tulang

Tips Alami Obati Kapalan Ala Rumahan

Sebenarnya kapalan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan, jika tekanan atau gesekan pada area tersebut berkurang. Namun, apabila bagian tersebut masih terkena gesekan dan tekanan tentunya dapat membuat kapalan semakin parah. Tapi tenang, tak perlu khawatir lagi, karena kami telah mengumpulkan beberapa tips alami obati kapalan ala rumahan berikut ini.

1. Menggunakan Batu Apung


Tips Alami Obati Kapalan Ala Rumahan yang pertama yaitu dengan menggunakan batu apung. untuk Anda yang sering melakukan perawatan pedicure di salon, tentunya sudah tak asing laigi dengan batu apung, karena biasanya telapak kaki akan digosok terlebih dahulu menggunakan batu apun sebelum perawatan dimulai.

Namun, Anda tak perlu pergi ke salon, karena Anda bisa melakukannya sendiri dirumah. Caranya dengan merendam kaki atau tangan yang terkena kapalan dalam air hangat selama 10 menit, kemudian Anda bisa menambahkan minyal essensil, cuka apel atau perasan lemon ke dalam air. Lalu, gosok kulit menggunakan batu apung, gosok dengan lemut sampai kulti kapalan terkikis dan cuci bersih batu apung dan kulit anda menggunakan Air mengalir.

2. Memanfaatkan Bawang Putih


untuk menyedapkan masakan, bawang putih memang sudah tidak diragukan lagi. Terlepas dari hal itu, bawah putih ternyata ampuh sebagai obat tradisional kapalan. Caranya pun cukup mudah dengan menghaluskan bawang putih dan kemudian tempelkan pada kulit yang terkena kapalan. Anda tak perlu khawatir mengenai efek samping bawang putih, karena ini untuk pemakain luar dan agar tidak kemana,mana gunakan perban untuk melilit kult yang sedang diobati, diamkan semalaman untuk hasil kesembuhan yang sempurna.

3. Memakai Kulit Nanas


Kulit nana yang kita buang ternyata memiliki manfaat yang baik, salah satunya sebagai tips alami obati kapalan ala rumahan. Caranya bukan menggosokan kulit nanas yang tajam itu ke kulit, ya.

Tapi, rendam kaki atau tangan yang terkena kapalan dalam air hangat selama 10-15 menit. Kemudian, tempelkan bagian dalam kulit nanas ke area kulit yang kapalan. Anda bisa menempelkannya dengan menggunakan kain, plester, atau kaus kaki. Diamkan semalaman dan lepaskan saat Anda bangun esok pagi.

4. Menggunakan Kopi


Tips Alami Obati Kapalan Ala Rumahan yang selanjutnya yaitu kopi. Kopi adalah minuman yang paling populer dan banyak digemari oleh orang diseluruh dunia. Selain nikmat dimimnu, kopi juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit. Biasanya kopi digunakan untuk mempercantik rambut atau kut, selain itu kopi juga baik untuk mengatasi kapalan.

Kopi adalah scrub alami yang sangat baik. Anda bisa menjadikan bubuk kopi sebagai lulur untuk mengikis kulit yang menebal akibat kapalan. Caranya, campurkan 1 sdm minyak zaitun dengan kopi cucuk, kemudian gosok pada area kulit yang terkena kapalan.

5. Menggunakan Maizena


Tepung maizena biasanya digunakan utnuk membuat aneka camilan, kue dan digunakan untuk memasak. Namun saat ini, maizena bisa digunakan untuk merawat kecantikan kulit, dijadikan sebagai masker dan bisa mengatasi kapalan.

Perlu diketahui, epung maizena tidak dapat digunakan untuk mengangkat kapalan hingga tuntas. Jadi kerja tepung maizena mmebuat kulti terhindar dari kering, pecah-pecah dan infeksi jamur. Taburkanlah tepung maizena pada area kapalan agar infeksinya tidak semakin parah dan untuk meberikan sensasi nyaman pada kulit.

Catatan

  • Apabila Anda penderita diabetes, kapalan jangan dianggap enteng dan harus dirawat sehati-hati mungkin karena sekalinya luka pecah dan terbuka, ini akan membutuhkan waktu sangat lama untuk sembuh. Waspada juga karena infeksi juga bisa mudah menyerang.
  • Air yang Anda pakai dalam membuat ramuan tersebut harus dipastikan tidak mengandung klorin karena akan membuat kering.
  • Jangan menggosok-gosok bagian kapalan keras-keras atau terlalu kasar karena kulit dapat terkena infeksi.

Tinggalkan komentar

error: Cari Halaman Lain Aja Ya!!