Tips Mengatasi Faringitis

Bagi masyarakat awam, penyakit faringitis sering disebut sebagai sakit tenggorokan. Faringitis adalah radang faring, yang berada di belakang tenggorokan. Penyakit ini menyebabkan jaringan faring atau tenggorokan meradang, bengkak dan kemerahan.

Faringitis adalah kondisi penyakit yang paling sering terjadi pada semua orang. Biasanya faringitis terjadi bersamaan dengan serangan influenza. Penyebab utama dari penyakit faringitis adalah beberapa jenis bakteri dan virus seperti virus penyebab batuk, influenza hingga campak.

Dalam beberapa kasus, faringitis bisa disembuhkan dengan cara alami dan biasanya dalam waktu yang cukup singkat. Berikut ini beberapa tips mengatasi faringitis secara alami dan aman.

Cuka Apel

Cuka apel yang dihasilkan dari sari buah memang sangat baik untuk mengatasi faringitis. Seperti bahan apel yang menjadi komposisi utama, maka cuka apel bisa melawan semua bakteri dan virus yang ada di dalam tenggorokan.

Cuka apel mengandung semua jenis vitamin yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan bisa bekerja untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Cara menggunakan cuka apel sebagai obat faringitis alami yaitu dengan mencampurkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam gelas air hangat atau teh. Minum 3 kali sehari sampai gejala mereda.

Berkumur Air Garam Hangat

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Connecticut menyatakan bahwa air garam bisa membantu membuat nyaman tenggorokan dan mengleuarkan semua lendir yang menumpuk pada tenggorokan.

Cara untuk membuat obat ini adalah dengan mencampurkan satu gelas air hangat dengan setengah sendok teh garam. Air garam ini bisa mengecilkan pembengkakan pada bagian kelenjar di tenggorokan.

Minum Air Jahe

Tips mengatasi faringitis secara alami dan aman yaitu dengan meminum air jahe. Hal ini dipercaya karena jahe mengandung senyawa yang bersifat mengalahkan peradangan, menghilangkan rasa sakit dan membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.

Selain itu, jahe juga bersifat membunuh bakteri dan virus. Cara membuat racikannya yaitu dengan merebus beberapa potong jahe kemudian saring dan minum airnya. Anda juga bisa menambahkan madu atau gula batu sebagai penambah rasa.

Teh dan Madu

Madu sudah dipercaya sebagai salah satu zat yang paling baik untuk menyebuhkan berbagai penyakit salah satunya dapat mengatasi penyakit faringitis. Selain itu madu juga sangat ampuh dalam menyembuhkan batuk.

Cara membuat ramuan ini yaitu dengan mencampurkan satu sendok madu ke dalam teh hangat. Sebuah penelitian menyatakan bahwa teh dan madu efektif untuk menyembuhan faringitis yang terjadi pada anak-anak.

Larutan Bawang Putih

Tips mengatasi faringitis secara alami dan aman yang berikutnya yaitu dengan menggunakan larutan bawang putih. Bawang putih mengandung sebuah senyawa yang disebut dengan alisi, yaitu senyawa yang bisa membunuh bakteri dan virus serta mengatasi peradangan.

Cara meraciknya cukup mudah hanya dengan membuat air panas yang ditambahkan dnegan beberapa siung bawang putih. Kemudian gunakan larutan ini untuk berkumur. Anda juga menggunakan cara lain dengan merebus bawang putih kemudian minum airnya selama tiga kali sehari.

Itulah beberapa tips mengatasi faringitis secara alami dan aman yang bisa Anda lakukan. Walaupun tergolong umum terjadi, faringitis juga bisa menuju ke kondisi yang lebihs serius. Untuk itu selalu jaga kesehatan dan lakukan pemeriksaan dengan rutin.

Tinggalkan komentar