Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Banyak orang yang menganggap menyikat gigi saja sudah cukup. Namun ternyata rutinitas menggosok gigi, membersihkan rongga mulut dan menggunakan benang gigi belum cukup untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Gigi berlubang sangatlah menyakitkan, agar tidak mengalami hal yang mengenakan tersebut, rajin-rajinlah menjaga kebersihan dan kesehatan gigi serta mulut. Terutama pada anak kecil harus rajin menjaga kebersihan dan kesehatan giginya agar tak mendapat masalah besar. Inilah sejumlah tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan benar.

1. Rajin Sikat Gigi

Menyikat gigi adalah cara pertama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dokter menyarankan untuk menyikat gigi secara rutin sebanyak 2 kali dalam satu hari. Tak peduli anak kecil atau dewasa, aturan ini tetap berlaku. Dipagi hari setelah bangun tidur dan malam hari setelah makan malam adalah waktu yang tepat untuk menyikat gigi.

2. Kurangi Makan Makanan Manis

Makanan manis tak hanya akan berdampak pada bertambahnya berat badan, tapi juga dengan kesehatan gigi. Mengonsumsi makanan manis di malam hari bisa berdampak bertambahnya berat badan dan itu adalah perkara lama, mungkin kalian bisa cuek akan hal itu tapi tidak dengan gigi. Mengonsumsi makanan manis terlalu sering bisa membuat kesehatan gigi jadi berkurang, ujung-ujungnya adalah gigi berlubang.

3. Pilih Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride

Di supermarket banyak sekali pasta gigi dengan berbagai merk yang dijual. Dalam pasta gigi terdapat sejumlah kandungan yang bagus untuk membersihkan dan menjaga kesehatan gigi, salah satunya yaitu kandungan fluoride. Kandungan fluoride ini bisa mengembalikan mineral gigi yang hilang akibat asam yang berasal dari plak bakteri dan gula. Tanpa penambahan mineral ini, gigi menjadi mudah goyang, dengan fluoride ini plak yang mengandung bakteri yang menempel pada gigi bisa hilang.

4. Sikat Gigi Menggunakan Baking Soda

Gigi sehat dan putih menandakan seseorang rajin dan peduli dengan kesehatan giginya. Ada banyak penyebab kenapa gigi bisa kuning salah satunya yaitu merokok.

Sikat gigi dengan menggunakan baking soda setidaknya satu kali dalam seminggu bisa membuat gigi menjadi putih. Baking soda bagus untuk mengangkat noda kuning dan memutihkan gigi. Gunakan baking soda layaknya pasta gigi dan usahakan jangan sampai menelan baking soda.

5. Minum Teh

Minum teh ternyata bisa dijadikan sebagai tips menjaga kesehatan gigi dan mulut. Didalam teh terdapat kandungan yang bernama polyphenol. Teh hitan dan teh hijau diketahui mengandung polyphenol yang tinggi. Polyphenol ini mampu memusnahkan dan membatasi pertumbuhan bakteri dalam mulut.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sebenarnya tidak sulit karena Anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Yang terpenting adalah tetap konsisten dan menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas Anda.

Tinggalkan komentar